David Hilbert Seorang Matematikawan Jerman

David Hilbert (23 Januari 1862-14 Februari 1943) adalah seorang matematikawan Jerman yang menemukan dan mengembangkan ide-ide fundamental di banyak bidang, termasuk teori invarian, kalkulus variasi, aljabar komutatif, teori bilangan aljabar, dasar-dasar geometri, teori spektral operator. , dan teori pembuktian.

David Hilbert lahir di Koenigsberg, Prusia Timur, Prusia pada tahun 1862, dan dia bekerja sebagai dosen senior di Universitas Koenigsberg dari tahun 1886 hingga 1895, ketika dia menjadi profesor matematika di Goettingen.

Dia tetap di Goettingen selama sisa hidupnya, dan dia dikelilingi oleh lingkaran beberapa matematikawan paling terkemuka di abad ke-20. Pada tahun 1933, ia melihat Nazi membersihkan sebagian besar anggota fakultas terkemuka karena keturunan Yahudi mereka atau kurangnya kesetiaan mereka kepada Adolf Hitler, dan, ketika Menteri Pendidikan Bernhard Rust bertanya kepada Hilbert apakah matematika sekolahnya menderita setelah kepergian orang-orang Yahudi.

Hilbert mengatakan bahwa departemen tidak ada tanpa mereka. Dia meninggal pada tahun 1943, dan dia memiliki pemakaman kecil, karena sebagian besar rekannya berada di pengasingan karena penganiayaan Nazi.

Hilbert menemukan dan mengembangkan berbagai ide mendasar di banyak bidang. Dia bekerja pada teori invarian, aksiomisasi geometri, dan gagasan ruang Hilbert. Ini adalah salah satu dasar dari analisis fungsional.

Hilbert dan murid-muridnya menyediakan banyak matematika yang dibutuhkan untuk mekanika agen sbobet kuantum dan relativitas umum. Dia adalah salah satu pendiri teori pembuktian dan logika matematika.

Dia juga salah satu orang pertama yang membuat perbedaan antara matematika dan metamatematika, dan dengan hangat membela teori himpunan dan bilangan transfinit Georg Cantor.

Pada tahun 1895 Hilbert menjadi Ketua Matematika di Universitas Göttingen, pada saat itu merupakan pusat penelitian matematika terbaik di dunia. Dia tetap selama sisa hidupnya.

Di antara murid-muridnya adalah: Hermann Weyl, juara catur Emanuel Lasker, Ernst Zermelo, dan Carl Gustav Hempel. John von Neumann adalah asistennya. Di Universitas Göttingen, Hilbert dikelilingi oleh lingkaran sosial dari beberapa matematikawan terpenting abad ke-20, seperti Emmy Noether dan Gereja Alonzo.

Teks Grundlagen der Geometrie (Foundations of Geometry) diterbitkan oleh Hilbert pada tahun 1899. Teks tersebut mengusulkan himpunan formal, aksioma Hilbert, bukan aksioma tradisional Euclid.

Mereka menghindari kelemahan-kelemahan Euclid, yang karya-karyanya pada saat itu masih menggunakan textbmatematika adalah presentasinya pada tahun 1900 tentang serangkaian masalah yang mengatur jalannya sebagian besar penelitian matematika abad ke-20.

Dia mengajukan sejumlah masalah yang belum terpecahkan di Kongres Internasional Matematikawan di Paris pada tahun 1900. Ini dianggap sebagai kompilasi masalah terbuka yang paling sukses dan dipertimbangkan secara mendalam yang pernah dihasilkan oleh seorang ahli matematika individu. Kemudian dia memperluas daftarnya menjadi 23 masalah.

Matematikawan Jerman yang mengemukakan rangkaian aksioma geometris pertama yang ketat dalam Foundations of Geometry (1899). Dia juga membuktikan sistemnya konsisten.

Dia menemukan kurva sederhana yang mengisi ruang Dunia Matematika Eric Weisstein yang dikenal sebagai kurva hilbert, Dunia Matematika Eric Weisstein dan mendemonstrasikan «teorema dasar» dalam teori invarian.

Banyak kontribusinya mencakup teori bilangan Dunia Matematika (Zahlbericht) Eric Weisstein, logika matematika, persamaan diferensial Dunia Matematika Eric Weisstein, Dunia Matematika Eric Weisstein dan masalah tiga benda. Dunia Fisika Eric Weisstein Dia juga membuktikan teorema Waring.

Dejar un comentario

Tu dirección de correo electrónico no será publicada. Los campos obligatorios están marcados con *